Macam-Macam Artikel Berdasar Pemakaian

Berdasarkan kebiasaan kita dalam menggunakan artikel, kita bisa memilahnya berdasarkan pemakaian. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutnya sebagai ragam bahasa, yakni variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, serta menurut medium pembicaraan atau penulisan.

Loh, judul tulisan ini hendak mengupas tentang pemakaian artikel, tapi kok malah membahas tentang ragam bahasa? Ya, bahasa itu kumpulan sistem lambang bunyi yang salah satunya dipakai untuk berinteraksi. Nah, sistem lambang bunyi itu kan, selain disampaikan secara lisan, juga dengan tulisan, baik tulisan tangan atau komputer. Orang sering menyebutnya sebagai bahasa lisan dan bahasa tulis.

Mari kita lanjutkan dengan menguliti arti ragam bahasa tadi. Menurut pemakaian, ragam bahasa kita ada beberapa. Jika kita langsung mengganti bahasa dengan kata artikel, maka kita mengenal ada ragam artikel resmi, artikel ilmiah, artikel jurnalistik dan artikel atau ragam bahasa hukum dan ragam bahasa radio.

Contoh dari ragam tersebut;
Artikel ilmiah: skripsi
Artikel jurnalistik: berita di koran atau majalah
Artikel resmi: naskah pidato di pemerintahan atau birokrasi
Artikel hukum: lembar putusan hukum

Menurut kamus, definisi ragam bahasa juga didasarkan pada medium pemakaiannya. Jika kita lekatkan pada kemajuan teknologi informasi sekarang ini, media internet, pemakaian bahasa tulis atau artikelnya juga menunjukkan perilaku berbeda. Bahasa atau artikel di internet, atau biasa kita menyebutnya sebagai media online, cenderung tampil ringkas karena penyajian kerap dipadukan dengan foto dan video.

Ini menarik untuk kita simak lebih lanjut karena kehadiran media online, sepertinya punya daya tarik yang kuat untuk mempengaruhi sebegitu banyak ragam bahasa yang yang ada. Ragam jurnalistik misalnya, bisa tampil lebih atraktif jika itu disajikan dalam media online. Selengkapnya; baca artikel Dahsyatnya Ragam Bahasa Online.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *